Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Selamat Datang
sd
g
RSS

Pages

Sabtu, 11 Agustus 2012

JENIS-JENIS MUSIK DAERAH


Musik daerah yang ada di Indonesia sangat beragam dan banyak. Beberapa musik daerah yang berkembang di Indonesia antara lain:
1.       Musik Melayu
Jenis musik ini banyak berkemabang di daerah Sumatera, terutama Sumatera Barat. Sesuai namanya, musik ini sangat dipengaruhi oleh nuansa budaya melayu. Musik melayu sangat lazim digunakan untuk keperluan keagamaan. Beberapa jenis musik yang termasuk dalan jenis ini adalah gambus.
2.       Musik Pasundan
Yang paling khas dalam musik pasundan adalah digunakannya bahan dasar bambu untuk alat musiknya. Contoh alat musiknya yaitu angklung dan calung serta suling bambu. Dalam berbagai ukuran, angklung dan calung akan menghasilkan nada yang berbeda-beda. Angklung dimainkan dengan cara digoyang, sedangkan calung dimainkan dengan cara dipukul.
3.  Musik Betawi
Betawi merupakan etnis “baru” yang kebudayaannya merupakan campuran dari kebudayaan beberapa etnis. Musik betawi merupakan perpaduan harmonis antara unsur pribumi dengan unsur budaya Cina, Eropa (Belanda dan Portugis), Timur Tengah, Melayu, Sunda, Jawa, Bali, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Tentu saja ini disebabkan sejak dulu, karena daerah Betawi merupakan pusat administratif Hindia Belanda yang banyak didatangi berbagai etnis.
Pengaruh Cina, Jawa dan Sunda terlihat dalam orkes gambang kromong, terutama dari alat-alat musik yang dipakai. Alat-alat seperti gambang, kromong, kecrek, gendang, kempul, dan gong berasal dari Indonesia. Alat musik Cina yang dipakai adalah alat musik gesek sebangsa rebab yang bernama kongahyan dan tehyan. Lagu-lagu Betawi yang banyak dimainkan oleh orkes gambang kromong adalah: Kicir-kicir, Jali-jali, dan Lenggang kangkung.
Pengaruh Eropa tampak pada orkes Tanjidor. Orkes ini terdiri atas berbagai alat musik tiup berbahan dasar logam atau alat musik brass seperti terompet, clarinet, piston, trombon, drum, dan simbal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar